Sabtu, 25 Februari 2017

Mengenal Cloudbleed: Ini Bug yang Diduga Ikut Serang Bursa Bitcoin (1)


Cloudbleed adalah bug Internet terbaru yang menempatkan informasi pribadi pengguna dalam bahaya. Sejak kabar serangan bug itu merebak pada Kamis, 23 Februari 2017, banyak kebingungan yang muncul tentang bug itu di kalangan awam. Informasi tentang dampak Cloudbleed terhadap pengguna komputer, termasuk pemilik Bitcoin, juga simpang siur.

Bug atau kutu atau hama adalah suatu kesalahan desain yang terjadi pada suatu perangkat keras atau perangkat lunak dalam komputer. Akibat serangan hama tersebut peralatan atau program dalam komputer itu tidak berfungsi semestinya. Bug umumnya lebih umum menyerang dunia perangkat lunak dibandingkan dengan perangkat keras komputer.

BitcoinKepo mengumpulkan sejumlah informasi dari pelbagai sumber, termasuk Cointelegraph dan Cnet, sebagai panduan untuk memahami Cloudbleed dan bagaimana Anda harus merespons. Berita mengenai Cloudbleed terus  berlangsung. BitcoinKepo akan terus memperbarui artikel ini. Periksa kembali untuk mendapatkan perkembangan informasi terbaru.


Apakah Cloudbleed?

Cloudbleed adalah nama bug pembobol keamanan perusahaan internet Cloudflare. Hama ini membocorkan password, dan informasi sensitif lainnya kepada ribuan situs selama enam bulan. Julukan itu berasal dari Tavis Ormandy, hacker putih dari Google Project Zero yang melaporkan adanya bug kepada Cloudflare. Agak bercanda, Ormandy menyebut bug itu adalah Cloudbleed, yang merujuk pada serangan bug Heartbleed pada 2014.


Apakah Cloudbleed Lebih Buruk dari Heartbleed?

Sejauh ini, tidak. Heartbleed menyerang setengah juta situs, sedangkan saat ini hanya 3.400 situs yang diyakini terjangkit bug Cloudbleed. Tapi inilah bagian yang berpotensi menakutkan. Sekitar 3.400 situs tersebut membocorkan data pribadi yang berasal klien Cloudflare lainnya. Jadi, jumlah sebenarnya dari situs yang benar-benar terpengaruh bisa jauh lebih tinggi.


Apakah Bahaya Cloudbleed Masih Aktif?

Tidak. Serangan Cloudbleed ibarat orang yang selamat dari serangan jantung mendadak. Memang menakutkan, tapi perlu perbaikan untuk mencegah serangan itu tidak terjadi lagi, namun situasi terburuk sudah terlewati. Staf Cloudflare butuh waktu 44 menit untuk mencari tahu tentang keberadaan Cloudbleed dan mengatasi bug ini dalam waktu 7 jam.

Namun, Cloudbleed diyakini telah menjangkiti situs-situs yang terkena bug sepanjang September 2016 dengan tingkat kerusakan tertinggi terjadi antara 13-18 Februari 2017. Jadi akan ada riak-riak kecil sebagai konsekuensi serangan itu saat perusahaan tengah menyelidiki aktivitas bug ini, termasuk data dan informasi pelanggan yang terjangkit bug.


Apa Hubungannya dengan Bitcoin?

Seorang pengguna layanan Bitcoin, GitHub, telah menyelidiki daftar situs yang berpotensi terkena dampak Cloudbleed. Beberapa situs yang berpotensi diserang Cloudbledd adalah laman penukaran dan bursa Bitcoin seperti Coinbase, BitPay, Blockchain, dan LocalBitcoins. Situs besar lainnya, termasuk Reddit, Uber, dan OkCupid, dikatakan akan terpengaruh juga.

Penulis: Admin
Foto: Pixabay

Jangan Lewatkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar