Sabtu, 18 Februari 2017

Catat, 5 Momen Top Bitcoin dalam Sejarah




Sejak Bitcoin diciptakan oleh Satoshi Nakamoto, ada begitu banyak momen besar yang dialami cryptocurrency itu. Beberapa tonggak dianggap telah menentukan masa depan Bitcoin seperti yang kita kenal sekarang. Meskipun Bitcoin memiliki masa lalu yang penuh warna, kita tidak dapat menyangkal ketahanan mata uang digital ini. Bahkan, momen-momen tersebut hanya membuat masa depan Bitcoin bahkan lebih menarik.


# 5 Pengecer Besar Pertama yang Menerima Bitcoin

Selama beberapa tahun terakhir, beberapa perusahaan besar mulai menerima pembayaran Bitcoin. Overstock Gyft, Expedia, dan Microsoft adalah beberapa perusahaan yang merasa menerima Bitcoin adalah keputusan tepat. Yang lebih mengesankan adalah daftar
perusahaan ini terus tumbuh setiap triwulan. Meski Bitcoin jauh dari level "mainstream", memiliki perusahaan besar yang mendukung pembayaran cryptocurrency menjadi langkah signifikan ke arah yang benar.


# 4 Kebangkrutan Pertama karena Efek Bitcoin

Tidak mungkin berbicara perjalanan Bitcoin tanpa menyebutkan Mt. GOX, bursa pertukaran Bitcoin. Meski sangat sedikit orang yang senang mengorek luka lama kejadian pada Februari 2014 itu, Mt GOX adalah bagian integral dari sejarah cryptocurrency. Orang akhirnya menganggap serius Bitcoin tepat sebelum keruntuhan perusahaan itu. Sebagian lagi butuh beberapa tahun memulihkan kerusakan yang dilakukan bursa yang sekarang sudah mati ini.


# 3 Pasar Gelap Pertama Bitcoin

Diskusi tentang pasar Silk Road sering memunculkan perdebatan panas. Kembali pada masa 2011, platform itu membuka pintunya sebagai cara mempromosikan penggunaan Bitcoin untuk tujuan pembayaran. Sayangnya, Silk Road lebih terkenal karena bersekongkol dengan pengedar narkoba dan penyelundup senjata api. Pemilik platform, Ross Ulbricht, dijatuhi hukuman penjara seumur hidup karena kelakuannya tersebut.

Silk Road akhirnya ditutup pada Oktober 2013, yang sempat menghambat laju popularitas Bitcoin untuk sementara waktu. Diikuti tak lama kemudian kasus kebangkrutan yang menimpa Mt. GOX, kedua peristiwa itu tampak sangat suram bagi Bitcoin. Namun, Bitcoin memang tangguh, dan bangkit kembali tak lama setelah dua peristiwa besar itu. Namun, Ross Ulbricht dan Silk Road selamanya akan menjadi bagian dari sejarah Bitcoin.


# 2 Pembelian Pertama Bitcoin

Meski Bitcoin diperkenalkan kepada dunia pada 2009, butuh sampai Mei 2010 agar pembelian resminya dicatat pertama kali. Laszlo Hanyecz membayar 10.000 Bitcoin—harganya cuma beberapa sen dolar saat itu—untuk seseorang demi dua pizza yang dikirimkan ke rumahnya. Ini pertama kalinya Bitcoin resmi dipakai membeli sesuatu.

Setiap hari, para penggemar cryptocurrency seluruh dunia datang bersama-sama untuk merayakan Bitcoin Pizza Day pada 22 Mei. Takeaway.com—platform populer untuk memesan makanan secara online termasuk pizza—mulai menerima Bitcoin sebagai alat pembayaran beberapa tahun yang lalu.

 
# 1 Pertama Bitcoin Transaksi

Mendiskusikan sejarah Bitcoin tak bisa tanpa menyebutkan bagaimana semuanya dimulai. Satoshi Nakamoto merilis Bitcoin ke dunia pada Januari 2009, ketika blok-blok mulai ditambang. Hanya sembilan hari setelah itu, transaksi Bitcoin pertama ke publik mulai tercatat. Satoshi Nakamoto mengirimkan kepada Hal Finney sejumlah kecil Bitcoin untuk menguji apakah sistem bekerja seperti yang diharapkan. Setelah Januari 2009, semuanya pun berubah seperti yang kita lihat sekarang.

Foto: Pixabay

Jangan Lewatkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar