Jumat, 24 Februari 2017

Awas, Bug Cloudbleed Mengintai, Ganti Password Bitcoin Anda


Pengguna pertukaran dan layanan Bitcoin online diperingatkan untuk mengubah password mereka seiring bug baru yang ditemukan menyerang perusahaan keamanan web Cloudflare. Cloudflare, yang memberikan perlindungan layanan penangkal virus dan bug (denial of service), merinci ancaman virus ini dalam blog yang diterbitkan, Jumat sore, 24 Februari 2016.

Bug atau kutu adalah suatu kesalahan desain yang terjadi pada suatu perangkat keras atau perangkat lunak dalam komputer yang menyebabkan peralatan atau program itu itu tidak berfungsi semestinya. Kutu umumnya lebih umum menyerang dunia perangkat lunak dibandingkan dengan perangkat keras komputer.

Perusahaan Cloudflare pertama kali dihubungi tentang bug tersebut pekan lalu oleh peneliti cybersecurity Google, Tavis Ormandy. Bug yang dinamai "Cloudbleed" ini—merujuk pada bug Heartbleed yang pernah menyerang pada 2014—diyakini mulai mempengaruhi layanan Internet sejak awal September 2016.

Cloudbleed memungkinkan adanya kebocoran memori yang mencuri informasi sensitif seperti password dan otentikasi token. Perusahaan mengatakan, sejak pemberitahuan itu serangan bug telah diatasi.

Berita terbaru dari serangan bug ini memicu peringatan terhadap pengguna platform penukar Bitcoin seperti Poloniex dan Kraken. Kedua platform itu meminta pengguna mengubah password, otentikasi dua faktor, dan kunci API. Bahkan, para aktivis cybersecurity menganjurkan semua pengguna situs yang menggunakan jasa Cloudflare untuk mengubah password mereka sebagai tindakan pencegahan.



Penulis: Admin
Foto: Pixabay

Tidak ada komentar:

Posting Komentar