Senin, 20 Februari 2017

Harga Bitcoin Mantap di US$ 1.060, Trader Cina Serbu Jepang


Harga Bitcoin terus mempertahankan posisinya dan solid di level US$ 1.060, yang dianggap sebagai nilai tertinggi sepanjang masa selama empat tahun berturut-turut sejak 2013, sebelum kejatuhan Mt. GOX, bursa Bictoin di Tokyo. Faktor besar di balik pemulihan cepat dan kuat tersebut adalah ketahanan pasar Cina dan naiknya volume pasar Jepang, yang telah menjelma menjadi kekuatan global selama beberapa bulan terakhir.

Sebelumnya Cointelegraph melaporkan Jepang menyalip Bitcoin di AS dan Cina. Jepang menjadi pasar Bitcoin terbesar di dunia dengan volume perdagangan harian dan pangsa pasar 50 persen. Pertumbuhan pasar Bitcoin Jepang dapat dikaitkan dengan dua peristiwa besar: rencana menetapkan Bitcoin sebagai alata bayar yang sah oleh pemerintah Jepang dan penghentian sementara penarikan Bitcoin oleh dua bursa Cina, Bitcoin Huobi dan OKCoin.

Sementara banyak pihak yang takut harga Bitcoin akan sebagian besar dipengaruhi oleh suspensi penarikan dan People’s Bank of China di pasar Bitcoin lokal, pasar Bitcoin global terus menguntungkan. “Banyak pedagang Cina pindah ke bursa Bitcoin Jepang dan sisanya bermigrasi ke platform peer-to-peer seperti LocalBitcoins, perdagangan Bitcoin secara langsung orang per orang,” demikian Cointelegraph, Selasa, 21 Februari 2017.

Serbuan para trader dari Cina tersebut menyebabkan volume Bitcoin di kedua bursa Bitcoin baik di Jepang dengan bitFlyer dan pasar Cina dengan LocalBitcoin, melonjak. Selama pekan terakhir ini, pembatasan penarikan dari PBoC terhadap bursa Cina mendorong volume perdagangan LocalBitcoins di Negeri Panda mencapai 5.000 Bitcoin per minggu, yang setara dengan US$ 5,3 juta dalam perdagangan mingguan.

Pemerintah dan bursa Bitcoin di Cina juga mengumumkan kesepakatan yang menyebutkan kedua pihak berfokus pada regulasi Bitcoin, yang membahas potensi dan sosialisasi terhadap pengguna terkait pertumbuhan Bitcoin lokal. Pengumuman dari regulator keuangan Cina itu menjadikan investor dan pedagang Cina lebih optimistis terhadap hubungan antara bursa lokal dan regulator, bukan mengkhawatirkan keterlibatan PBoC.

Adapun harga Bitcoin di sejumlah bursa utama di dunia hingga berita ini diunggah pada 08.02 tercatat dalam satuan US$ antara lain Bitfinex: 1.088,00; Bitstamp: 1.080,00; CoinDesk: 1.079,59; Coinbase: 1.085,08 USD (14.486.903), dan ItBit: 1.077,01. Sementara di Cina, bursa Huobi mencatat harga Bitcoin di level 7.232,02 yuan; dan BTCChina: 7.171,01 yuan. Di pasar Indonesia, harga Bitcoin di Bitcoin.co.id: Rp 13.808.00); dan Luno: Rp 13.840.000.

Foto: Pixabay

Jangan Lewatkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar