Rabu, 15 Februari 2017

'Tsunami Bitcoin' Hajar Cina, Bitcoin Mantap di Level US$ 1.000


Harga Bitcoin naik menjadi US$ 1.012,5 pada perdagangan di Bitstamp Price Index (BPI), Rabu, 15 Februari 2017, atau Kamis waktu Indonesia. Seperti yang dikutip dari Cointelegraph, Harga Bitcoin merayap terus di atas level US$ 1.000 pertama kali sejak pekan lalu saat harga Bitcoin turun hingga mencapai level terendah US$ 913,73. 

Setelah jatuh pekan lalu menyusul pembekuan penarikan Bitcoin di dua bursa Bitcoin terbesar Cina, OkCoin dan Huobi, harga Bitcoin menunjukkan kenaikan dengan menembus angka psikologis US$ 1.000 untuk menetap di ambang batas baru. Harga terus melambung setiap hari sejak penurunan drastis di bawah US$ 1.000.

Saat laporan ini diterbitkan, Bitcoin diperdagangkan terhadap dolar di US$ 1,011.49 sesuai data BPI. Dengan peningkatan pengawasan dari bank sentral Cina atau PBoC, pasar perdagangan Bitcoin agak berpengaruh Cina yang mirip jika dibandingkan dengan aktivitas perdagangan pada pergantian tahun 2017.

Pertemuan berulang sebagai bagian dari tindakan keras PBoC yang dimulai pada awal Januari, menyebabkan sejumlah perubahan dalam industri regional. Perubahan diberlakukan termasuk memperkenalkan biaya perdagangan, mengakhiri perdagangan margin, dan baru-baru ini, suspensi dramatis penarikan Bitcoin di dua dari "tiga besar" bursa Cina.

Sebuah laporan di utama yang dirilis kantor berita Cina, Xinhua, menempatkan Bitcoin sebagai tajuk utama, dan aturan yang mengakhiri perdagangan Bitcoin sebagai faktor utama dalam keruntuhan volume perdagangan di Cina. Di tengah “Tsunami Bitcoin” itu, perdagangan Bitcoin peer-to-peer di pasar LocalBitcoins justru mencetak rekor tertinggi.

Tren menunjukkan aktivitas perdagangan Bitcoin pulih perlahan-lahan. Namun, hal yang mustahil untuk memprediksi tindakan lanjutan dari PBoC. Yang jelas, meskipun kebijakan mendadak dan dramatis ditegakkan oleh PBoC, harga Bitcoin mulai menunjukkan ketahanan terhadap kejadian-kejadian dramatis di Cina.

Sementara itu, data yang dikumpulkan dan dibagikan di forum sosial mengungkapkan harga rata-rata Bitcoin selama 30-hari ini bergerak ke titik tertinggi yang mendekati rata-rata US$ 1.000. Sedangkan harga Bitcoin di pasar Indonesia, Kamis pagi, cenderung datar seperti hari sebelumnya. Bitcoin di bursa Bitcoin.co.id tercatat Rp 13.275.200

Foto: Pixabay


Jangan Lewatkan 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar