Sabtu, 11 Februari 2017

Cetak Sejarah, Bank Bitcoin Pertama di Dunia Dibuka di Austria


Sebuah bank khusus Bitcoin, mungkin yang pertama di dunia, telah dibuka di Mariahilfer Strasse, di pusat kota Wina, Austria. Bank itu bernama Bitcoin-Bank. Menurut situs berbahasa Inggris setempat, The Local, bank khusus transaksi Bitcoin ini dimiliki startup blockchain berbasis Berlin, Bit Trust Services.

Baca Juga: Riuh Bitcoin, Inikah 3 Biang Penyebab Harganya Sempat Anjlok? 

Bitcoin-Bank dirancang untuk transaksi jual-beli Bitcoin agar lebih mudah dan lebih aman ketimbang pilihan lain. Magdalena Isbrandt, Managing Director Bit Trust, mengatakan, transaksi mata uang digital itu lebih cepat dari transaksi lain dan dapat dilakukan tanpa perantara. "Nilai dan uang dapat dikirim langsung dari pengguna ke pengguna,” kata Seperti yang dikutip dari laman Cryptocoinsnews, Sabtu, 11 Februari 2016.

Andreas Petersson, co-founder dari Bitcoin Austria, mengatakan keuntungan utama mata uang digital adalah anonimitas.

"Jika saya membayar secara online dengan Bitcoin, saya memiliki tingkat privasi yang timggi," kata Petersson. Dia mengimbuhkan, sang vendor tidakpernah memiliki kartu kredit pribadinya. Ketika membayar untuk barang digital, seperti permainan komputer, pembeli tidak merasa mereka menyerahkan semua data pribadi mereka kepada vendor.

Adapun anjungan tunau mandiri (ATM) bank pertama di Austria dikenal sejak tiga tahun lalu. Wina sekarang ditaksir memiliki lebih dari 20 pedagang yang ramah Bitcoin mulai dari restoran, bistro, dan bar.

Baca Juga: ATM Bitcoin Menjamur, Kenapa Tak Ada yang Memproduksi Bitcoin?


Menurut laman Bit Trust Services, perusahaan pemilik Bitcoin-Bank tidak hanya berinvestasi dalam Bitcoin dan teknologi blockchain, tapi mengembangkan konsep-konsep baru di sektor ini. Perusahaan juga menyediakan antara lain layanan ATM Bitcoin, sistem pembayaran, serta voucher prabayar Bitcoin.

Pendiri perusahaan adalah dua bersaudara Mathias dan Oliver Roch. Pada era 1990-an, kakak-beradik itu mengembangkan sejumlah hak paten berupa metode pengujian sistem seperti tiang-tiang lampu, sistem sinyal, dan rambu lalu-lintas pelabuhan.

Foto: Pixabay, Wien.gv.at


Jangan Lewatkan
10 Alasan Kenapa Bitcoin Kita Butuhkan
Heboh Bitcoin, Makhluk Apakah Itu?
Top of Form

Tidak ada komentar:

Posting Komentar