Minggu, 19 Februari 2017

Sejarah Bitcoin dalam 500 Kata

Bitcoin diciptakan oleh Satoshi Nakamoto pada 2009. Butuh waktu hampir dua pekan setelah rilis awal sampai transaksi resmi pertama terjadi pada jaringan antara Satoshi dan Hal Finney. Selain itu, butuh beberapa waktu hingga transaksi keuangan pertama dalam mata uang Bitcoin berlangsung. Transaksi ini yang belakangan dikenal sebagai Bitcoin Pizza Day, sebuah acara yang dirayakan setiap tahun di seluruh dunia.


Meskipun potensinya besar, Bitcoin bukan tanpa cacat. Sebuah cacat utama ditemukan pada Agustus 2010 yang secara efektif memungkinkan pengguna membuat Bitcoin dalam jumlah tak terbatas. Untungnya, setiap kesalahan terhapus dari Blockchain dan pembaruan perangkat lunak terus dirilis. Sejauh ini, kasus itu adalah satu-satunya bug utama yang ditemukan—dan dieksploitasi—dalam kode protokol Bitcoin hingga sekarang.

Butuh waktu sampai 2011 hingga Bitcoin mendapat perhatian lebih serius. Laman WikiLeaks menajdikan Bitcoin sebagai metode donasi setelah menggeser penerbit kartu kredit dan PayPal sebagai alat pembayaran. Satu tahun kemudian, Bitcoin menjalani penampilan TV pertama di sebuah episode The Good Wife. Sejak itu beberapa tema Bitcoin ditayangkan dalam sejumlah film meskipun hampir selalu dengan latar belakang kriminalitas.

Nama Bitcoin kembali terangkat lewat pasar gelap Internet yang populer dinamakan Silk Road. Jalan Sutra diciptakan pada 2011 dan mendapatkan popularitas signifikan sepanjang 2012. Namun, tiba-tiba saja platform itu terbelit kasus kriminal. Silk Road dituduh memfasilitasi dan berperan dalam penjualan narkoba serta penyelundupan senjata. Platform itu akhirnya ditutup oleh Badan Investigasi Federal Amerika Serikat FBI pada 2014.

Semuanya mulai terurai sedikit pada 2013, saat bursa Mt. GOX memiliki rekening bank yang disita oleh otoritas Amerika. Penghentian operasional pertukaran bitcoin izin untuk pelanggan adalah paku terakhir pada peti mati untuk Mt. GOX sebelum menyatakan kebangkrutan pada 2014. Beberapa peretas mempengaruhi ekosistem Bitcoin pada 2013 juga, meskipun teknologi pembayaran itu sendiri tidak pernah dilanggar. Sebaliknya, M-Pesa dan Bitcoin datang bersama-sama ke Kenya di bawah bendera Bitpesa dan berubah menjadi perusahaan yang sangat sukses.

Bitcoin diperintahkan menjadi mata uang pada Agustus 2013. Sejak saat itu, berbagai negara memperdebatkan cara mereka memajukan Bitcoin. Jepang akan melegalkan Bitcoin akhir tahun ini. Selama 2014-2015, pedagang mulai menerima pembayaran dengan Bitcoin, sehingga total mereka mencapai 160.000 pada Agustus 2015. Jumlah itu terus tumbuh dan mencakup beberapa platform terbesar di dunia, termasuk Microsoft dan Overstock.com.

Selama 2016 harga Bitcoin meledak enam bulan terakhir. Bitcoin dianggap salah satu aset yang berkinerja terbaik di dunia selama tahun kalender berjalan, dan tren peningkatan masih terlihat hingga hari ini. Dengan jumlah ATM Bitcoin di seluruh dunia mencapai 1.000 unit, masa depan terlihat sangat cerah untuk cryptocurrency tersebut.

Foto: Pixabay


Jangan Lewatkan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar