Senin, 20 Februari 2017

6 Bursa Jual-Beli Bitcoin Terpopuler di Indonesia 2017


Nama Bitcoin sebagai mata uang digital semakin sehari kian mencorong saja. Popularitasnya menjadikan Bitcoin paling digemari di antara mata uang digital atau cryptocurrency lainnya. Meski hingga kini pemerintah Indonesia melalui Bank Indonesia belum mengesahkan Bitcoin sebagai alat pembayaran atau alat tukar, namun peredaran dan perdagangan Bitcoin di Indonesia terbilang sangat tinggi.

Kepada laman berita nasional akhir Desember 2016, Oscar Darmawan, CEO Bitcoin Indonesia, mengklaim saban hari ada US$30-50 ribu transaksi yang tercatat di seluruh Tanah Air. Mereka bertransaksi Bitcoin lewat peer to peer atau pun bursa jual-beli. Untuk itu Bitcoinkepo memutuskan untuk menulis enam dari sekian banyak bursa jual-beli Bitcoin terpopuler di Indonesia, yang disusun berdasarkan abjad.


ArtaBitcoin Indonesia 

Menurut laman TechinAsia akhir Desember 2016, perusahaaan ini bisa disebut sebagai pelopor perdagangan Bitcoin di Indonesia. Semula perusahaan yang sudah berdiri sejak 2013 itu hanya menyediakan sistem pembayaran tagihan dengan Bitcoin, namun belakangan ArtaBitcoin melebarkan sayap dengan produk bursa jual-beli Bitcoin. Anda bisa membeli dan menjual Bitcoin dengan mata uang rupiah.

Akun ArtaBitcoin.co.id diklaim diproteksi dengan multifactor authentication yang menggunakan kombinasi email, dan pesan pendek untuk menjamin bahwa transaksi hanya bisa divalidasi oleh diri Anda sendiri. Perusahaan ini mengklaim deposit rupiah bisa diproses secara instan dan penarikan Rupiah diproses dalam waktu kurang dari 1 hari kerja. Deposit dan penarikan Bitcoin diproses instan tanpa delay. Untuk berkunjung sila klik di sini.


Bitcoin Indonesia

Bitcoindo atawa Bitcoin Indonesia diluncurkan di waktu yang sama dengan berdirinya ArtaBit. Tak seperti kompetitornya, ArtaBit, yang bermula dari penyediaan sistem pembayaran, Bitcoin Indonesia murni menyediakan layanan jual-beli Bitcoin dengan rupiah. Belakangan, mereka menjual pulsa, token listrik, dan vocer game lewat TokoBitcoin.com. Di dalam situs Bitcoin.co.id, Anda dapat melihat grafik perdagangan Bitcoin di bursa dunia.

Pergerakan harga Bitcoin diperbarui real time. Situs ini menyediakan forum dan fitur chatting yang kerap menjadi ajang jual-beli Bitcoin secara perorangan. Bitcoin.co.id dianggap bursa paling kredibel dengan klaim proses penarikan rupiah selesai dalam 1 hari kerja. Sama seperti ArtaBitcoin, Bitcoin Indonesia juga menyediakan tingkat keamanan sekelas militer. Aplikasinya tersedia di Google Play Store. Untuk berkunjung sila klik di sini.


Emoney 

Situs jual-beli Bitcoin asal Indonesia berikutnya yakni Emoney. Untuk memulai pembelian dan penjualan Bitcoin, terlebih dahulu harus daftar baru bertransaksi. Selain menawarkan pembelian berupa Bitcoin, situs ini juga menyediakan pembelian saldo untuk Forex, Perfect Money, Fasapay, serta Neteller. Kekurangannya harga beli sudah dipatok oleh  perusahaan bukan berdasarkan real-time perdagangan saat itu. Untuk berkunjung sila klik di sini.


Luno 

Jika Anda mengetikkan BitX.co, maka laman akan mengarahkan pencarian ke Luno. Ya, kini perusahaan yang berdiri sejak 2013 itu resmi bersalin rupa menjadi Luno yang bermakna bulan. Setelah eksis di Inggris, Singapura, dan Afrika Selatan, Luno kini berekspansi ke Indonesia. Untuk internasional, Luno menyediakan pembayaran dengan metode kartu kredit, sementara di Indonesia pembayaran lewat transfer bank dengan rupiah.

Seperti kompetitornya, Bitcoin Indonesia, Luno juga sudah menyediakan aplikasi di Google Play Store dan iOS, yang mempermudah pengguna memantau pergerakan harga Bitcoin. Luno menyediakan otentifikasi pengamanan dua faktor seperti dua situs sebelumnya. Sebenarnya, Luno juga menyediakan layanan jual-beli pulsa, namun fasilitas tersebut baru ada di negara tertentu, bukan Indonesia. Untuk berkunjung sila klik di sini.


Pipchanger

Bedanya dengan keempat situs tadi, Pipchanger menerima pembelian dan penjualan Bitcoin secara pribadi. Karena milik pribadi ketika Anda ingin bertransaksi harus terlebih dahulu menghubungi administrator lewat SMS atau layanang WhatsApp dan Blackberry Messanger. Minimal transaksi yang dilakukan disini adalah US$20 atau 0,05 Bitcoin. Waktu transaksi dibatasi hingga 20.00. Untuk berkunjung sila klik di sini.


Triv

Bursa jual-beli Bitcoin ini dikelola oleh PT Tiga Inti Utama. Satu kelebihan di mata pengguna, perusahaan ini tidak menerapkan verifikasi yang ketat untuk mendaftarkan akun, meski hal ini bagi sebagian orang dianggap berisiko. Tapi, dalam laman Facebook-nya Triv mengklaim sebagai bursa pertama di Indonesia yang melakukan implement address multi-sig yang meningkatkan keamanan pengguna. Untuk berkunjung sila klik di sini.

Triv menyediakan layanan penarikan Bitcoin dan deposit 24 jam nonstop ke lebih dari 100 bank di Indonesia dengan rupiah. Selain pembelian Bitcoin, Triv juga menyediakan layanan pembelian uang tunai digital antara lain Paypal, OkPay, dan Perfect Money. Grafik pergerakan bursa juga tersedia. Triv belum menyediakan aplikasi di Google Play Store, yang bisa memudahkan pengguna untuk bertransaksi secara mobile.Untuk berkunjung sila klik di sini.

Foto: Pixabay

Tidak ada komentar:

Posting Komentar