Sabtu, 25 Februari 2017

Mengenal Cloudbleed: Bagaimana Cara Mengamankan Akun Bitcoin? (3-Tamat)



Baru-baru ini bug bernama Cloudbleed menempatkan informasi pribadi pengguna Internet dalam bahaya. Sejak kabar serangan bug itu merebak pada Kamis, 23 Februari 2017, sudah banyak kebingungan yang muncul tentang bug itu di masyarakat. Informasi tentang dampak Cloudbleed terhadap pengguna komputer, termasuk pemilik Bitcoin, juga simpang siur.

Bug atau kutu atau hama adalah suatu kesalahan desain yang terjadi pada suatu perangkat keras atau perangkat lunak dalam komputer yang menyebabkan peralatan atau program itu itu tidak berfungsi semestinya. Kutu umumnya lebih umum menyerang dunia perangkat lunak dibandingkan dengan perangkat keras komputer.

News.bitcoin.com melaporkan, Cloudflare dilaporkan telah membocorkan sejumlah memori yang dapat berisi data sensitif, termasuk otentikasi dua faktor (2FA), yakni angka rahasia dan password. Menurut banyak laporan termasuk orang yang menemukan bug, serangan terjadi selama berbulan-bulan, dan kemungkinan telah menyebar ke web yang tak aman.

Lantas, Apakah Sebenarnya yang Harus Kita Lakukan?

Laman Cnet melaporkan, sebenarnya tidak ada yang bisa Anda lakukan saat ini untuk mengubah apa yang telah terjadi. Tapi ada hal yang dapat Anda lakukan untuk melindungi diri dari serangan seperti terjadi Cloudbledd sebelum muncul ______bleed berikutnya. Sebelumnya baca juga tulisan soal Cloudbleed di sini dan di sini.

Namun, hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengubah password untuk mengamankan kata kunci sebelum masuk ke situs. Selanjutnya, jika situs atau layanan menawarkan verifikasi dua langkah (kadang-kadang disebut verifikasi dua faktor), maka gunakanlah!

Terakhir, hubungi perusahaan dari situs dan layanan yang Anda gunakan. Biarkan mereka mengetahui sikap Anda tentang pentingnya melindungi keamanan dan privasi Anda. Mengingat serangan Cloudbleed begitu berisiko, beberapa orang atau perusahaan mungkin akan lebih mendengar keluhan dari pelanggan, dan mereka akan semaksimal mungkin untuk mengatasinya.

Kebocoran juga kemungkinan bisa menyebabkan akun yang terafiliasi dengan situs web dan layanan Bitcoin. Website Bitcoin yang dapat terpengaruh meliputi Coinbase, Localbitcoins, Poloniex, Kraken, Bitfinex, Bittrex, Bitstamp, Reddit, dan banyak lagi. Banyak komunitas Bitcoin memperingatkan pengguna mengubah fasilitas otentikasi dua faktornya (2FA) mereka dan mengubah password segera.

Perusahaan Bitcoin yang mungkin telah diserang Cloudbleed juga memperingatkan pelanggan untuk mengambil tindakan pencegahan. "Sebuah bug baru-baru ini ditemukan di Cloudflare, tempat Kraken dan banyak situs lain menggunakannya untuk perlindungan DoS dan layanan lainnya," demikian pernyataan Kraken, penukar dan bursa Bitcoin yang berbasis di San Francisco, Amerika Serikat.

Karena sifat dari bug itu, Kraken menyarankan tindakan pencegahan, yakni mengubah kredensial keamanan akun Kraken. “ Ubah password Anda, Ubah otentikasi dua faktor Anda (menghapus dan mengaktifkan kembali). Klien yang menggunakan kunci API harus membuat satu set kunci baru. Anda harus mengubah kredensial keamanan untuk situs lain yang menggunakan Cloudflare.”

Penulis: Admin
Foto: Pixabay


Jangan Lewatkan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar