Senin, 20 Februari 2017

5 Alasan Populer Mengapa Bitcoin Masih Butuh Altcoin





Sejumlah penggemar Bitcoin banyak yang merenung mengapa dunia masih membutuhkan mata uang digital alternatif selain Bitcoin. Sebagian besar altcoin ingin meniru kesuksesn Bitcoin dengan sedikit modifikasi. Tapi ada nilai-nilai tersembunyi di balik sebagian besar proyek ini. Di luar alasan karena altcoin membantu perkembangan Bitcoin dari waktu ke waktu, berikut ini sejumlah alasan mengapa altcoin masih diperlukan seperti yang dikutip dari The Merkle, Senin, 20 Februari 2017.

#5 Mustahil Membunuh Mata Uang Digital

Sementara peraturan menjadi hal positif untuk Bitcoin secara keseluruhan, sebagian pihak menganggap hal itu semestinya juga berlaku untuk altcoin. Altcoin menjadi benda "yang menjengkelkan" bagi otoritas keuangan. Dengan sebegitu banyak cryptocurrency, regulator semakin tak bisa "membunuh" mata uang digital meski berkali-kali mereka mencoba. Faktor ini tidak terlalu positif untuk altcoin, namun tetap memberikan sedikit keuntungan. 


#4 Menciptakan Diversifikasi Cryptocurrency

Pedagang bersenang hati setuju dengan prinsip “jangan menempatkan semua telur dalam keranjang yang sama”. Prinsip yang sama berlaku untuk perdagangan cryptocurrency. Saat Bitcoin memiliki daya tarik terbesar bagi trader, diversifikasi investasi seseorang dapat mudah dilakukan dengan altcoin. Ketika altcoin bersandar pada Bitcoin untuk menghasilkan daya tarik pasar, hal ini menciptakan peluang investasi baru bagi pedagang.

Selain itu, mata uang digital alternatif mengurangi jumlah Bitcoin yang tersedia untuk pembelian di pasar, karena investor mengkonversi porsi kecil dari portofolio untuk membeli altcoin. Karena ada sedikit Bitcoin yang beredar di pasar terbuka, harga akan—biasanya yang berbicara—naik seiring waktu berjalan. Ini sesuai dengan prinsip ekonomi yang bergantung pada pasokan dan permintaan atau supply and demand.


#3 Menyajikan Kompetisi

Meskipun beberapa orang mungkin merasa Bitcoin baik-baik saja seperti kondisi saat ini, tapi belum tentu terjadi di masa depan. Bitcoin, sama seperti aset keuangan lainnya, perlu kompetisi untuk menggairahkan pasar. Altcoin menyajikan persaingan dalam hal ini, meski belum ada cryptocurrency alternatif yang menjadi ancaman nyata bagi Bitcoin. Tanpa altcoin, Bitcoin akan terlihat sangat berbeda dari yang kita kenal sekarang.


#2 Memperkenalkan Fitur Baru untuk Bitcoin

Saat ada banyak pengembangan agresif di dunia Bitcoin, fitur baru selalu diterima. Tidak ada gunanya mengandalkan kelompok pengembang yang sama untuk membawa fitur baru sepanjang waktu. Pengembang altcoin kadang-kadang datang dengan perspektif baru yang nantinya diperkenalkan dalam kode sumber Bitcoin. Meski demikian, tak semua fitur yang ditemukan di altcoin yang akhirnya dipakai memperkuat kode sumber Bitcoin.
 


#1 Tes Fitur Altcoin


Terlepas dari bagaimana orang menilainya, altcoin memberi potensi tes fitur yang menarik bagi perkembangan Bitcoin di masa depan. Meski Bitcoin memiliki tes fitur sendiri, sejumlah pihak mempunyai "keputusan kontroversial" yang lebih baik memberikan tes bagi altcoin tertentu terbenih dulu. Sekarang, Litecoin bereksperimen dengan Segregated Witness. Tergantung apapun hasilnya, SegWit bisa meningkatkan dukungan untuk Bitcoin juga.

Foto: Blog.comprarebitcoin.info


Jangan Lewatkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar