Jumat, 17 Februari 2017

Harga Bitcoin Bersinar Lagi, Drama Tsunami Bictoin di Cina Enggak ‘Ngefek’


Drama yang disutardarai oleh People’s Bank of China atau bank sentral Cina dengan memunculkan aturan ketat menjadi kurang signifikan, karena berita ini tampaknya tidak memiliki banyak dampak pada harga. Bahkan, menurut laman The Merkle, Kamis, 16 Februari 2017 waktu setempat atau Jumat waktu Indonesia, harga kembali pulih sebelum ada aksi lebih keras dari PBoC saat Bitcoin diperdagangkan di US$ 1.035 sesuai data bursa Bitcoin di Bitstamp.

Pada tanggal 9 Februari 2017, PBOC merilis pernyataan yang cukup mengancam sehingga menenggelamkan harga Bitcoin sekitar 10 persen. Seusai kabar buruk tersebut mereda, seperti adagium “habislah gelap terbitlah terang”, harga Bitcoin menyentuh level dasar baru di atas US$ 1.000. Sementara Bitcoin menerima 'kezaliman' di Timur, pasar Barat menunjukkan dukungan besar-besaran untuk cryptocurrency tersebut.

Pasar Cina kehilangan dominasi lantaran kini ada jarak US$ 40-50 dengan bursa perdagangan Bitcoin di Barat, yang artinya nilai per Bitcoin di bursa Cina lebih rendah dari rata-rata. Harga Bitcoin akan menjadi lebih murah di Cina karena banyak pengguna menolak untuk mengkonversi yuan mereka ke Bitcoin karena takut bahwa mereka tidak akan mampu untuk menarik uang mereka kembali seiring aturan yang digelontorkan oleh PBoC.

Namun, beberapa pedagang yang lebih oportunis melakukan hal yang berlawanan. Mereka berharap membeli "murah" Bitcoin dengan harapan harga bakal stabil lagi setelah penarikan Bitcoin besar-besaran. Mereka meniru hal yang sama ketika MtGox—bursa Bitcoin di Tokyo--bangkrut. Para pedagang membeli Bitcoin di MtGox yang jauh berada di bawah harga pasar, karena mereka bertaruh di bursa bahwa harga kembali ke titik normal.

Adapun harga Bitcoin di sejumlah bursa terkemuka di Indonesia menjukkan grafik kenaikan. Hingga tulisan ini diunggah pada Jumat siang, 17 Februari 2017, pukul 15.00, harga Bitcoin di laman bursa Bitcoin.co.id diperdagangkan di level Rp 13.519.100, atau nak satu persen ketimbang harga rata-rata sehari sebelumnya. Sedangkan harga Bitcoin di Luno--dulu bernama BitX--diperdagangkan pada level Rp 13. 592.500.

Foto: Pixabay

Jangan Lewatkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar