Selasa, 28 Maret 2017

SEC Tolak Proposal Bitcoin ETF dari SolidX, Ini yang Terjadi pada Harga Bitcoin


Securities and Exchange Commission—semacam Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan di Amerika Serikat—secara resmi menolak usulan Bitcoin ETF (penawaran perdana saham Bitcoin di bursa) kedua. SolidX, yang telah lama dianggap sebagai proposal pesaing si kembar, Tyler dan Cameron Winklevoss, ditolak karena dinilai kurangnya  perlindungan investor dan minimnya regulasi perdagangan Bitcoin di luar negeri.

Seperti yang dilansir dari Cointelegraph, Selasa, 28 Maret 2017, dalih penolakan SEC menyetujui proposal SolidX ETF tampaknya segendang dan sepenarian dengan alasan menolak usulan si kembar Winklevoss. Dalam dokumen resminya, otoritas bursa saham Negeri Abang Sam itu menyatakan bahwa perusahaan SolidX tidak memiliki perjanjian pembagian pengawasan dan perlindungan investor untuk pembeli Bitocin dari ETF.

Bitcoin sebagai jaringan keuangan desentralisasi dan protokol peer-to-peer diciptakan untuk tidak dapat dikendalikan oleh pihak ketiga. Bisnis ini diluncurkan lewat jaringan Bitcoin yang dapat diatur oleh pemerintah namun jaringan itu sendiri tidak mungkin untuk dikontrol atau dimanipulasi. Walhasil, tidak seperti jaringan keuangan konvensional, hampir tidak mungkin bagi pengusul Bitcoin ETF untuk menyetujui perjanjian pembagian pengawasan.

Situasi akan lebih sulit jika penyedia Bitcoin ETF harus melacak asal dan aliran transaksi Bitcoin dengan sistem keuangan lain yang ada di pasar efek. Berdasarkan respons dari SEC sehubungan dengan penolakan SolidX, dapat disimpulkan Bitcoin ETF tidak akan disetujui atau diperkenalkan ke pasar AS publik dalam waktu dekat. Dalam dokumennya, SEC mencatat kurangnya regulasi dalam perdagangan luar negeri sebagai salah satu alasan utama penolakan SolidX.

Meski muncul penolakan kedua terhadap pembentukan Bitcoin ETF, harga Bitcoin terpantau stabil terhadap putusan SEC. Ketika proposal si kembar Winklevoss Bitcoin ETF ditolak, laman Cointelegraph melaporkan harga turun dari US$ 1.200 hingga US$ 960 dalam beberapa menit. Tampaknya, komunitas Bitcoin menyadari Bitcoin ETF tidak diperlukan bagi Bitcoin untuk tumbuh sebagai mata uang digital, emas digital, dan sistem pembayaran.

Penulis: Admin
Foto: Guardian


Jangan Lewatkan



Tidak ada komentar:

Posting Komentar