Senin, 06 Maret 2017

Pertama Kali dalam Sejarah, Kapitalisasi Pasar Bitcoin Lewati US$ 20 Miliar

Kenaikan harga yang dicetak Bitcoin sepanjang 2017 berefek pada melonjaknya kapitalisasi pasar mata uang digital itu. Kini Bitcoin menguasai sedikitnya US$ 20 miliar pangsa pasar mata uang digital pertama kalinya dalam sejarah. Kenaikan harga beruntun dalam tiga bulan pertama menjadikan 2017 sebagai tahun fantastis bagi Bitcoin.

Saat berita ini diunggah Cryptocoinsnews, Senin waktu setempat atau Selasa, 8 Maret 2017, waktu Indoneisa, harga Bitcoin diperdagangkan pada level US$ 1.279,20; atau turun tipis dari rekor tertingginya sepanjang masa pada posisi US$ 1.298, Jumat, Maret 3, 2017. Di Indonesia, Bitcoin diperdagangkan oleh VIP Bitcoin pada Rp 16.869.000.

Menurut data yang diungkap oleh CoinMarketCap, total 109.320 Bitcoin diperdagangkan dalam jangka waktu 24 jam. Dengan sekitar 16,2 juta Bitcoin saat ini berada dalam pertambangan dan peredaran. Mata uang digital paling berharga ini sekarang memiliki kapitalisasi pasar lebih dari US$ 20,6 miliar, atau sekitar Rp 274 triliun


Bitcoin memperoleh lebih dari sepertiga kapitalisasi pasar dari seluruh mata uang digital sejak pekan terakhir 2016. Dalam satu tahun itu nilai Bitcoin sudah naik dua kali lipat ketimbang harga tahun sebelumnya. Pangsa pasar Bitcoin melampaui US$ 15 miliar pada 28 Desember tahun lalu karena harga terkerek ke atas angka psikologi US$ 1.000.

Setelah berada di atas US$ 1.000, kapitalisasi pasar Bitcoin melewati US$ 17,5 miliar. Kenaikan itu sempat terganjal oleh intervensi People’s Bank of China atau bank sentral Cina yang mulai menyelidiki Bitcoin di bursa negara ini. Namun, harga Bitcoin tetap bertahan dan bebas dari pengaruh PBOC saat pedagang Cina terjun ke platform alternatif.

Pada 2 Maret 2017, akhirnya harga Bitcoin melampaui paritasnya dengan emas. Rekor ini menjadi tonggak bagi cryptocurrency itu karena sukses melewati komoditas yang dianggap sebagai aset paling berharga bagi investor di seluruh dunia. Keuntungan Bitcoin ini telah menyebabkan tren positif di antara mata uang virtual lainnya.

Ethereum, mata uang virtual terbesar kedua setelah Bitcoin, mendekati kapitalisasi pasar sebesar US$ 2 miliar atau Rp 26,6 triliun. Dash, nomor ketiga dalam daftar setelah Bitcoin dan Ethereum, mencatat rekor dalam kapitalisasi pasar setinggi US$ 329 juta, bersamaan ketika harga Bitcoin diumumkan lebih berharga daripada emas.

Penulis: Admin
Foto: Pixabay, Cryptocoinsnews
Grafik: BitcoinWisdom dan CoinMarketCap


Jangan Lewatkan
‘Saya Beli Bitcoin Tahun 2011, Sekarang Harganya Rp 311 Juta’

Tidak ada komentar:

Posting Komentar