Sabtu, 18 Maret 2017

Situs Bitcoin.com Diserang DDoS, Gara-gara Bersekutu dengan Bictoin Unlimited?

Serangan skala besar dilakukan oleh DDoS terhadap laman Bitcoin.com dan subdomainnya sejak beberapa hari belakangan ini. Srangan itu semakin meningkat selama 48 jam terakhir, dalam upaya menargetkan pihak pendukung "balok besar" di tengah perselisihan yang sedang berlangsung dalam komunitas Bitcoin tentang bagaimana skalabilitas Bitcoin.

Laman News.bitcoin.com, Sabtu malam, 18 Maret 2017, mengungkapkan, ketika Bitcoin.com meluncurkan kembali situs pembaruannya pada 2015, peristiwa itu mengejutkan di tengah perdebatan tentang ukuran balok-balok (block size) di Bitcoin, yang juga disebut banyak orang sebagai "perang saudara" dalam komunitas Bitcoin.

DDos Attack atau Distributed-Denial-of-Service attack adalah sebuah usaha serangan untuk membuat komputer atau server tidak bisa bekerja dengan baik. Serangan itu dapat menyebabkan kinerja server atau komputer menjadi sangat lambat. Hal itu dikarenakan ada ribuan “zombie” (spams) yang menyerang sistem secara keroyokan.

Bukan rahasia lagi bahwa selama ini, Bitcoin.com memposisikan diri sebagai pendukung solusi skalabilitas on-chain, yang diusulkan pencipta Bitcoin, Satoshi Nakamoto. Sejak itu, Bitcoin.com bekerja sama dengan pakar dan para pemimpin industri dalam menyampaikan berita, informasi tanpa sensor, dan alat-alat untuk komunitas Bitcoin.

Bahkan, baru-baru ini Bitcoin.com membuka Bitcoin.com Mining Pool, yang menambang dengan menggandeng Bitcoin Unlimited sebagai klien. Mereka membayar 110 persen dari block reward dengan biaya sembilan persen. "Karena inilah, Bitcoin.com diduga menjadi target serangan dari individu dan kelompok yang tidak memiliki isi yang sama," kata laman Bitcoin.com.

Sepanjang pekan ini, situs bersama mining pool atau serikat penambangan yang baru, serta forum bebas sensor semuanya menjadi target penyerang dalam upaya mematikan situs sekaligus menghentikan aliran informasi tanpa sensor. Apalagi, sensor ini sendiri menjadi poin utama dalam perselisihan di komunitas Bitcoin.

Saking beratnya serangan DDoS terhadap domain dan subdomain milik Bitcoin.com, forum dan serikat pertambangan sempat vakum sejenak. Bitcoin.com telah menggandeng Cloudflare, perusahaan keamanan Internet, untuk membantu mengurangi masalah namun beberapa pengguna mungkin masih mengalami problem akses.

Penulis: Admin
Foto: News.bitcoin.com

Jangan Lewatkan 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar