Jumat, 10 Maret 2017

SEC Tolak Permohonan Winklevoss Bitcoin ETF, Harga Bitcoin Terjun Bebas

Otoritas bursa efek Amerika Serikat atau Securities and Exchange Commission menolak proposal penawaran saham perdana Bitcoin (Bitcoin ETF) yang diajukan oleh investor Cameron dan Tyler Winklevoss. SEC beralasan, Bitcoin ETF rentan terhadap risiko penipuan dan kurangnya regulasi di antara pasar Bitcoin dunia.

Keputusan itu menjawab permintaan Cameron dan Tyler Winklevoss yang diajukan sejak tiga tahun lalu. Si kembar Winlevoss berusaha menjadi investor pertama yang mendaftarkan Bitcoin sebagai komoditas pada pertengahan 2013. Investor Bitcoin ETF memperluas penawaran dari US$ 20 juta menjadi US$ 100 juta.

Segera setelah pernyataan publik dari SEC dirilis ke publik, harga Bitcoin terjun dari US$ 1350 ke US$ 980 dalam hitungan detik. Namun, harga Bitcoin pulih relatif cepat setelah dan menjaga stabilitas di US$ 1.100. Saat berita ini diunggah, harga rata-rata Bitcoin di CoinDesk tercatat US$ 1.077, 72, Bitfinex (US$ 1.074,84)

Seperti yang dikutip laman CoinDesk, Sabtu pagi, 11 Maret 2017, SEC mengatakan: “Setelah berdiskusi Seperti dibahas lebih lanjut di bawah ini, Komisi setuju menolak aturan yang diusulkan karena proposal tikda konsisten dengan Pasal 6 (b) (5) dari Akta Perdagangan, yang membutuhkan, antara lain, aturan-aturan bursa efek nasional dirancang untuk mencegah tindakan dan praktik curang dan manipulatif dan untuk melindungi investor dan kepentingan umum.”

Penulis: Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar