Kamis, 02 Maret 2017

Terbukti, Nilai 1 Bitcoin Kini Lebih Berharga Ketimbang 1 Ons Emas


Harga Bitcoin akhirnya melampaui nilai satu troy ounce emas. Menurut CoinDesk Bitcoin Price Index atau Indeks Harga Bitcoin (BPI), harga mata uang digital itu saat ini tercatat US$ 1.238,11 pada Kamis siang waktu setempat atau Jumat dini hari, 3 Maret 2017, waktu Indonesia, setelah dibuka pada level US$ 1.230,02.

Adapun harga spot emas dalam perdagangan Kamis adalah US$ 1.237,73 menurut kurs yang dirilis oleh Bloomberg Markets. Pencapaian kinerja Bitcoin yang mengungguli emas itu seiring sejumlah pemecahan rekor tertingginya sepanjang masa, yang dimulai sejak awal tahun dengan berkali-kali melebihi angka psikologis US$ 1.000.

Pasar Bitcoin mengalami perubahan yang begitu cepat dalam beberapa pekan terakhir. Setelah stabil terus menerus selama beberapa pekan di lebih dari US$ 1.000, harga Bitcoin berhasil menumbangkan level tertinggi yang sudah bertahan tiga tahun pada 23 Februari 2017. Sejak itu harga Bitcoin di indeks bursa sebagian besar terus menanjak.

Menengok faktor pendorong kenaikan harga Bitcoin di sejumlah pasar mata uang digital, para pedagang tampaknya menilai positif terhadap prospek Badan Koordinator Penanaman Pasar Modal Amerika Serikat (SEC) yang akan menyetujui proposal pendanaan pertama kali untuk Bitcoin. SEC memiliki batas waktu 11 Maret untuk membuat keputusan.

Secara keseluruhan, peristiwa ini sudah lebih dari tiga tahun sejak terakhir kali emas dan Bitcoin memiliki harga yang tak jauh berbeda. Meskipun perlu dicatat bahwa sebelum ini ada Mt. GOX, satu-satunya bursa yang memiliki harga melewati emas. Perusahaan yang dulunya berbasis di Tokyo itu bangkrut pada 2014 setelah kehilangan 800 ribu Bitcoin.

Penulis: Admin
Foto: Pixabay

Tidak ada komentar:

Posting Komentar