Selasa, 14 Maret 2017

Pasar Mata Uang Digital Meledak hingga US$ 25 Miliar, Bitcoin Masih Juaranya




Saat orang sedang mengamati pergerakan mata uang digital alterntif atau Altcoin seperti Ethereum dan Dash mencapai rekor tertingginya, ekosistem mata uang digital secara keseluruhan tampaknya terus meroket. Kapitalisasi pasar semua mata uang digital atau cryptocurrency yang beredar telah mendekati US$ 25 miliar atau sekitar Rp 334 triliun.

Di antara ratusan mata uang digital yang terdaftar, Bitcoin tentu saja masih juaranya. Saat ini Bitcoin menyumbang sekitar 80 persen dari total kapitalisasi pasar dari semua mata uang digital yang beredar. Saat keputusan otoritas bursa efek Amerika Serikat menolak proposal Winklevoss Bitcoin ETF di bursa efek, dominasi Bitcoin bahkan mencapai 88 persen.

Investor mata uang digital, yang sebelumnya berspekulasi pada persetujuan Bitcoin ETF, sekarang tampaknya lebih memilih mata uang digital sekunder di luar Bitcoin, seperti Ethereum dan Dash. Kedua koin tersebut telah melaporkan keuntungan besar dalam tiga bulan terakhir dan tampaknya semakin meningkat saat penolakan terhadap Bitcoin ETF.

Adapun kapitalisasi pasar Ethereum telah melesat dari US$ 1 milyar sebulan yang lalu hingga mencapai lebih dari US$ 2,5 miliar saat ini. Sedangkan Dash mencatat keuntungan yang tak kalah mengesankan juga, dengan kapitalisasi pasar saat ini yang menyentuh US$ 500 juta atau naik dari US$ 120 juta sebulan lalu.

Seperti yang dilansir dari laman Cointelegraph, Senin, 13 Maret 2017, sejumlah Altcoin yang telah meningkatkan fitur keamanannya, seperti Monero dan Zcash, diperkirakan bakal menambah seru persaingan di pasar mata uang digital.



Apakah Terus Meroket?

Namun, apakah kapitalisasi pasar total US$ 25 miliar berarti mata uang digital berada di wilayah bubble (nilai aset lebih besar ketimbang nilai fundamentalnya)?

Nilai kapitalisasi pasar mata uang digital masih relatif murah jika dibandingkan dengan sejumlah aset berkelas lainnya. Kapitalisasi pasar pasar saham di Amerika Serikat mencapai sekitar US$ 25 triliun, atau seribu kali dari nilai semua mata uang digital yang beredar. Nilai semua emas yang beredar adalah sekitar US$ 7 triliun.

Kapitalisasi pasar total semua cryptocurrency kurang lebih sama dengan kapitalisasi pasar aplikasi Snapchat dan kurang dari seperdelapan dari kapitalisasi pasar vendor kartu kredit dan kartu debit Visa Inc.

Mengingat potensi besar di seluruh dunia mulai dari transfer uang untuk smart contract, nilai pasar cryptocurrency masih dalam tahap wajar. Jika pengembangan dan perbaikan terus berlanjut, nilai mata uang digital bisa terus meroket.

Penulis: Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar