Selasa, 07 Maret 2017

Deg-degan, 3 Investor Bitcoin ETF Gantungkan Harapan pada Otoritas Bursa




Gonjang-ganjing harga Bitcoin saat ini diduga didominasi oleh spekulasi mengenai keputusan  Securities and Exchange Commission--semacam Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan--terhadap persetujuan penawaran saham yang diajukan 3 perusahaan investasi. Meskipun tidak ada yang tahu secara pasti apakah SEC akan menyetujui kendaraan investasi ini, beberapa perusahaan nekad untuk memasuki pasar ini.

Berikut ini adalah daftar perusahaan investasi (Bitcoin ETF) yang mungkin bakal mewarnai perjalanan panjang Bitcoin, seperti yang dikutip dari laman The Merkle, Senin, 6 Maret 2017:

#3 Grayscale Investments

Kompetitor teranyar dalam drama Bitcoin ETF adalah Grayscale Investament. Perusahaan ini mengajukan persetujuan SEC pada 20 Januari 2017. Jika permohonan disetujui, Bitcoin Investment Trust akan meluncur di Bursa Efek New York dalam beberapa bulan mendatang. Sebagai bagian dari ETF, perusahaan berencana meluncurkan penawaran saham umum senilai US$ 500 juta, yang merupakan jumlah cukup besar.

Hanya karena Grayscale menjadi peserta terbaru yang mengajukan persetujuan ETF, tidak berarti SEC akan menyetujui penawaran ini. Meskipun bitcoin telah mendapatkan banyak momentum akhir-akhir, SEC mungkin masih memutuskan untuk tidak menyetujui pengajuan tersebut. Kemudian lagi, Grayscale Investasi cukup optimis tentang pengajuan mereka, meskipun keputusan akhir mungkin bulan, jika tidak tahun, jauh.


#2 SolidX Bitcoin Trust

Bursa Saham New York (NYSE) menjadi target utama bagi perusahaan yang ingin meluncurkan Bitcoin ETF. SolidX Partners mengirimkan aplikasi mereka pada Juli 2016 dengan harapan bisa terdaftar di NYSE. Menawarkan Bitcoin untuk para trader kakap dan investor dapat membantu mata uang digital itu untuk meningkatkan daya tariknya. Selain itu, perusahaan ini akan menambah kapitalisasi pasar Bitcoin senilai US$ 100 juta dengan cepat.

Solid X Bitcoin Trust akan mengendalikan dana kelolaan pasif di bawah nama XBTC. Pemegang saham akan mendapat keuntungan harian dari Bitcoin yang dikonversi ke dolar AS. Sekarang, nilai Bitcoin berkembang dalam cara yang positif bagi orang-orang yang berhasil membeli di harga yang lebih murah. Sebuah Bitcoin ETF mungkin saja memiliki tujuan yang sama, tanpa memaksa transaksi investor melalui otoritas bursa.


#1 Winklevoss Bitcoin ETF

Sebagian besar perhatian akhir-akhir ini tertuju di Winklevoss Bitcoin ETF. Meskipun proposal yang diajukan oleh si kembar Tyler dan Cameron Winklevoss sejak tiga tahun lalu itu sudah ditolak beberapa kali oleh otoritas bursa Amerika Serikat, dua bersaudara ini tidak pernah menunjukkan tanda-tanda mengibarkan bendera putih.

Winklevoss Bitcoin ETF berniat mendaftarkan 1 juta saham dengan nilai masing-masing US$ 65 per lembar di nama COIN. SEC harus memutuskan menyetujui atau menolak pengajuan ETF ini paling lambat 13 Maret 2017. Dengan batas waktu semakin dekat, banyak spekulasi mengenai hasil akhir keputusan ini. Kebanyakan orang masih percaya SEC tidak akan menyetujui ETF bitcoin, meskipun banyak juga yang mengharapkan sebaliknya.

Penulis: Admin


Tidak ada komentar:

Posting Komentar