Jumat, 03 Maret 2017

‘Saya Beli Bitcoin Tahun 2011, Sekarang Harganya Rp 311 Juta’

Drew Llewellyn membeli Bitcoin pertamanya pada 2011. Sepanjang tahun itu ia merogoh koceknya hingga 899 pound sterling atau sekitar Rp 14,7 juta. Ketika itu satu Bitcoin dihargai 14,70 pound sterling. Kini harga mata uang digital tersebut secara dramatis meningkat tajam.

Untuk pertama kalinya, satu Bitcoin mengalahkan satu troy ounce emas. Dan Drew, yang memiliki 18 Bitcoin, merasa cukup senang dengan kabar itu. Kamis malam, harga Bitcoin ditutup pada level 1.000,36 pound sterling atau US$ 1.268, sedangkan satu troy ounce emas setara US$ 1.233.

Sekarang Drew memiliki Bitcoin senilai hampir 19 ribu pound sterling atau Rp 311 juta. "Selama bertahun-tahun banyak pengeritik mengatakan Bitcoin tidak pernah habis sehingga nilainya akan turun, tidakakan pernah ditiru, dan bahkan Bitcoin disebut mirip skema ponzi," kata Drew kepada Newsbeat, seperti yang dilansir BBC.co.uk, Jumat, 3 Maret 2017.

"Kenaikan harga yang terjadi hari ini adalah contoh lain bagaimana, dari tahun ke tahun, Bitcoin menjadi lebih dikenal, dapat diandalkan dan berharga."

Drew, yang bekerja di perusahaan informasi dan teknologi di North Lincolnshire, kawasan di sekitar Yokshire dan Humber, Inggris, sudah memakai Bitcoin untuk membeli sebagian keperluannya  mulai dari voucer bermain video game, voucer belanja online Amazon, hingga suku cadang dan perangkat lunak komputer.

Dia memiliki aplikasi wallet atau dompet yang disebut Wallet Miselium di telepon seluler untuk membeli sesuatu dengan Bitcoin. Selain itu, dia juga mempunyai dompet Trezor Bitcoin yang menyimpan sebagian besar Bitcoin-nya dalam perangkat terpisah.

Tapi Drew terutama menganggap simpanannya sebagai tabungan dan mencoba untuk tidak menghabiskan terlalu banyak. Jadi dia berharap kenaikan hara terbaru ini hanya awal dari tren kenaikan Bitcoin yang lebih tinggi di masa mendatang.

Dia mengklaim sempat merugi pada 2013, ketika harga Bitcoin terperosok. Tapi secara keseluruhan, Drew mengatakan dia untung sekitar 6.500 pound sterling atau sekitar Rp 106,5 juta.

Seperti halnya Drew, banyak orang yang menyukai Bitcoin karena mata uang digital itu tidak memerlukan penyimpanan di bank, dan sepenuhnya Anda pemilik Bitcoin itu sendiri. “Setiap Bitcoin yang saya miliki, sepenuhnya milik saya sendiri. Tak akan pernah hilang.”

Penulis: Admin
Foto: Newsbeast, BBC.co.uk

Jangan Lewatkan 




 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar